Pengertian Vektor dan Skalar

CategoriesFisikaBab:

Kali ini kita akan memperlajari tentang pengertian vektor dan skalar. Apa yang dimaksud dengan vektor dan skalar? Mari kita simak penjelasan berikut.

Sebelumnya telah dibahas tentang besaran pokok dan besaran turunan yang merupakan jenis besaran berdasarkan satuannya. Selain dibagi berdasarkan satuannya, besaran juga dapat dibagi berdasarkan nilai dan arahnya, yaitu besaran vektor dan besaran skalar.

Jarak adalah besaran skalar dan perpindahan adalah besaran vektor

Pengertian Vektor

Besaran vektor merupakan besaran yang mempunyai besar dan arah. Besaran-besaran yang termasuk vektor di antaranya kecepatan, percepatan, gaya, momentum, medan listrik, medan magnet, dan lain sebagainya.

Sementara itu, besaran yang hanya ditentukan oleh besarnya saja disebut besaran skalar. Contoh besaran skalar adalah massa, waktu, temperatur, energi, volume, dan sebagainya.

Simbol dan Gambar Vektor

Besaran vektor digambarkan dengan garis lurus beranak panah. Panjang garis menyatakan besar vektor dan anak panah menyatakan arah vektor. Seperti pada gambar berikut ini:

Gambar 1 Besaran Vektor F

Anak panah dapat memberikan dua sifat yang dimiliki oleh vektor. Panjang anak panah menggambarkan nilai vektor sedangkan arah anak panah menggambarkan arah vektornya.Sebuah vektor biasanya disimbolkan dengan huruf/simbol bercetak tebal atau pada penulisan tangan biasanya dengan anak panah di atas huruf/simbol. Misalnya Gaya (F) cara penulisannya adalah F atau huruf F dengan tanda panah seperti pada Gambar 1 di atas.

Besar Vektor

Besar vektor ditunjukkan oleh panjang atau pendeknya anak panah. Besar vektor adalah nilai dari vektor tersebut. Besar vektor biasanya ditulis dengan huruf miring dan tanpa anak panah di atasnya atau dengan harga mutlak vektor tersebut.  Pada penulisan nilai atau besar vektor, untuk buku cetakan biasanya menggunakan huruf kapital miring, seperti A, B, atau F, atau huruf tebal dengan tanda mutlak, seperti |F|. Sedangkan tulisan tangan dinyatakan dengan sebuah huruf kapital dengan anak panah di atasnya beserta tanda harga mutlak. Besar vektor merupakan besaran skalar dan tidak mempunyai arah, sehingga nilainya selalu positif.

Resultan Vektor

Beberapa vektor dapat dijumlahkan menjadi sebuah vektor yang disebut resultan vektor. Resultan vektor dapat diperoleh dengan beberapa metode, yaitu metode grafis dan analitis. Hal ini akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Baca pula:

Daftar Pustaka:

  1. Handayani, Sri., Damari, Ari. 2009. Fisika untuk SMA dan MA kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
  2. Nurachmandani, Setya. 2009. Fisika 1 untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
  3. Widodo, Tri. 2009. FISIKA untuk SMA/MA kelas X.  Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
  4. Dosen-Dosen Fisika FMIPA ITS. 2008. FISIKA I. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *