Perihal

Pendahuluan

Anashir Media, situs yang berdiri pada 19 Maret 2012 ini lebih menitikberatkan kepada ilmu pengetahuan terutama topik Sains dan Teknologi. Selain kedua topik tersebut, situs ini juga menyediakan berbagai topik seputar ilmu pengetahuan.

Situs ini juga memiliki subdomain yang memiliki topik pendidikan, yaitu edu.anashir.com yang berisi topik seputar materi pembelajaran untuk SMA/MA.

Arti

Anashir berasal dari akronim nama saya yaitu Ahmad Nashiruddin. Selain itu, anashir juga merupakan suatu kata dalam bahasa Arab yaitu عناصر yang merupakan bentuk plural (jamak) dari kata عنصر (unshur) yang dalam bahasa Indonesia juga disebut unsur. Unsur di KBBI memiliki arti bagian terkecil dari suatu benda; bagian benda yg tidak dapat dibagi-bagi lagi dengan proses kimia; bahan asal; zat asal; elemen dan kelompok kecil (dr kelompok yg lebih besar). Sementara itu anasir di KBBI memiliki arti sesuatu (orang, paham, sifat, dsb) yg menjadi bagian dr atau termasuk dl keseluruhan (suasana, perkumpulan, gerakan, dsb),  zat pokok yg merupakan bagian dr segala benda, segala yg ada di dunia dan unsur.

Deskripsi/Tagline situs

Situs ini memiliki tagline “Informasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi” yang berarti bahwa situs ini adalah media untuk pembelajaran dan media untuk berbagi informasi tentang sains dan teknologi. Situs ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada para pembacanya.

Lisensi artikel

Lisensi teks

Teks di situs ini dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi-BerbagiSerupa Creative Commons (CC BY-SA). Lisensi ini mengizinkan orang lain untuk menggubah, menyesuaikan, dan mengadaptasi suatu karya, bahkan secara komersial, sepanjang orang tersebut menyebut pembuat karya orisinal dan melisensikan ciptaan baru mereka dengan persyaratan yang identik. Lisensi ini sering disamakan dengan lisensi “copyleft” perangkat lunak bebas dan sumber terbuka. Semua karya baru yang didasarkan atas karya yang memakai lisensi ini akan menggunakan lisensi yang sama sehingga semua turunan juga mengizinkan penggunaan komersial. Selengkapnya mengenai lisensi ini dapat di baca di artikel yang berjudul Mengenal Lisensi Creative Commons.

Lisensi gambar dan video

Gambar dan video yang tidak dimiliki oleh pemilik di situs ini dikembalikan kepada pemilik gambar dan video tersebut. Situs ini hanya menampilkannya sebatas penggunaan wajar (fairuse) sebagai ilustrasi suatu artikel. Sementara itu untuk gambar dan video yang dimiliki oleh pemilik akan dilisensikan di bawah lisensi CC BY-SA seperti lisensi pada teks. Untuk lebih lengkapnya silakan lihat halaman Disclaimers.

Logo

Anashir Media telah berulang kali ganti logo. Saat ini logo yang dipakai adalah seperti berikut ini:

logo_new

Media Sosial

Situs

Twitter: @anashircom

Facebook: anashircom

Pengelola

Twitter: @a_nashir

Facebook: Ahmad Nashiruddin


Jika terdapat kritik dan saran silakan mengisi formulir di sini atau kirim surel ke admin@anashir.com. Terima kasih.