10 Browser Internet Terpopuler

Browser (peramban web) sangat berguna bagi para peselancar dunia maya. Bagaimana tidak, untuk mengunjungi sebuah situs web seorang pengguna harus memiliki browser. Browser pada saat sekarang ini tidak hanya digunakan pada perangkat komputer/laptop saja akan tetapi juga tersedia untuk perangkat mobile. Berikut ini adalah 10 browser terpopuler versi anashir.com baik yang versi komputer/laptop maupun versimobile. Data diambil dari akun Google Analytics website ini mulai tanggal 1 Januari 2013 – 2 September 2013.

1. Firefox

Browser Firefox memiliki pengguna paling banyak dari pengunjung di situs ini. Jumlah pengunjung situs ini yang memakai Firefox sejak 1 Januari 2013 adalah 32.613 pengunjung. Versi yang dipakai pun sangat merata, mulai dari Firefox versi 1.0 hingga Firefox versi 23.0, bahkan hingga versi beta 26.0.

2. Opera Mini

Opera Mini bisa dibilang sebagai browser mobile terpopuler saat ini. Jumlah pengunjung situs ini yang memakai Opera Mini sejak 1 Januari 2013 adalah 26.082 pengunjung. Kepopuleran Opera Mini mungkin karena browser ini dapat digunakan untuk berbagai macam ponsel mulai dari kelas bawah hingga kelas atas.

3. Chrome

Chrome merupakan browser untuk PC terpopuler kedua setelah Firefox berdasarkan pada data pengunjung di situs ini. Sejak 1 Januari 2013 lalu pengunjung yang menggunakan Chrome sebagai browser-nya sebanyak 17.001 pengunjung. Versi yang dipakai juga sangat merata mulai dari Crome versi 0.2 hingga versi 29.0, bahkan hingga versi beta 30.0 dan versi 31.0.

4. Android Browser

Browser-Android

Android Browser menduduki peringkat kedua untuk browser versi mobile. Kepopuleran Android Browser tidak lepas dari kepopuleran produk-produk smartphone yang menggunakan Android sebagai sistem operasi. Berdasarkan Google Analytics, pengunjung website ini yang menggunakan Android Browser sejak 1 Januari 2013 lalu sebanyak 5.337 pengunjung.

5. Safari

Safari merupakan browser yang digunakan untuk produk-produk milik Apple, inc. Sebelumnya, Safari juga dapat digunakan di Windows, namun dukungan untuk Windows dihentikan setelah Safari versi 5.1.7 yang dirilis pada 9 Mei 2012 lalu. Berdasarkan data dari Google Analytics, pengunjung website ini yang menggunakan Safari sejak 1 Januari 2013 sebanyak 4.068 pengunjung.

6. BlackBerry

blackberry-browsericonBrowser standar untuk smartphone BlackBerry ini menempati urutan keenam dengan pengguna terbanyak berdasarkan pengunjung anashir.com. Berdasarkan data dari Google Analytics, sebanyak 2.820 pengunjung menggunakan browser ini sejak tanggal 1 Januari 2013.

7. Internet Explorer

Internet Explorer menempati urutan ketujuh dengan pengguna terbanyak berdasarkan pengunjung anashir.com. Browser yang dianggap kuno oleh sebagian pengguna internet ini ternyata masih memiliki pelanggan setia. Hal itu terbukti dari kunjungan ke situs ini yang menggunakan browser Internet Explorer sejak 1 Januari 2013 lalu yang mencapai 1.444 pengunjung.

8. Opera

Opera, browser yang dahulu mampu bersaing dengan Firefox dan Chrome, saat ini ternyata tidak dapat menandingi adik kandungnya sendiri yaitu Opera Mini. Berdasarkan jumlah kunjungan sejak tanggal 1 Januari 2013, pengunjung yang memakai browser ini berjumlah 1.350 pengunjung.

9. S40 Ovi Browser

NokiaXpressOvi Browser yang saat ini telah berganti nama menjadi Nokia Xpress hanya diperuntukkan untuk pemilik ponsel Nokia yang menggunakan sistem operasi S40, salah satunya adalah Nokia Asha. Berdasarkan jumlah kunjungan di situs ini sejak tanggal 1 Januari 2013 lalu, pengunjung yang menggunakan browser ini sebanyak 1.022 pengunjung.

10. NetFront

netfront-browserNetFront merupakan salah satu mobile browser yang banyak digunakan untuk ponsel. Di Indonesia, NetFront biasanya dipakai pada ponsel yang menggunakan OS Proprietary (OS milik perorangan atau biasa disebut OS sumber tertutup). Berdasarkan kunjungan  di situs ini sejak 1 Januari 2013, NetFront memiliki pengguna sebanyak 856 pengguna.


Hak cipta logo-logo di atas dimiliki oleh masing-masing penyedia web browser. Ditampilkan di sini hanya sebagai pelengkap artikel.


Teks dari artikel di atas memakai Lisensi CC BY-SA. Sertakan tautan postingan ini jika Anda mengutip, menyalin, mendistribusikan, dan/atau menampilkan sebagian/keseluruhan dari teks di atas.

Share this post:

Related Posts




Leave a Comment